2019 Jatah Dana Desa untuk Boalemo Rp90,317 M

djpbgorontalo, 18 Dec 2018, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Gorontalo - Sebagai wujud komitmen untuk membangun seluruh pelosok negeri, Dana Desa merupakan instrumen andalan Pemerintah yang dianggarkan setiap tahun. Tak terkecuali tahun 2019 nanti, Kabupaten Boalemo akan mendapatkan alokasi Dana Desa sebesar Rp90,317 M. Jumlah ini meningkat 23,70 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp73,01 M. Hal ini terungkap dalam kegiatan Penyerahan Daftar Isian Pelaksaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah/Dana Desa Tahun 2019 untuk wilayah Boalemo, Senin (17/12), di Aula Kantor BAPPEDA Boalemo. Gelontoran Dana Desa ini tentunya merupakan kesempatan bagi desa-desa di Boalemo untuk semakin memberdayakan perkonomian desa setempat.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Boalemo, H. Darwis Moridu. Dalam arahannya, Darwis berpesan kepada seluruh jajarannya agar dapat terus mengawal pelaksanaan, sehingga benar-benar berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. “Capaian yang sudah baik di tahun 2018 yang mana tingkat serapan Dana Desa mencapai 100 persen perlu dipertahankan,” tandasnya. Perlu diketahui bahwa di tahun 2018, Boalemo berhasil memangkas angka kemiskinan dari 21 persen menjadi 20 persen.

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo sebagai perwakilan Kementerian Keuangan, Fahma Sari Fatma menyampaikan bahwa anggaran Dana Desa tahun 2019 diprioritaskan untuk pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. “Pemerintah terus berkomitmen untuk menyempurnakan penyaluran Dana Desa dengan prioritas untuk pembangunan dana desa dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Fahma. Hal ini tergambar dalam arah kebijakan Dana Desa diantaranya peningkatan pagu anggaran, penyempurnaan formulasi alokasi, pengoptimalan pemanfaatan, dan skema pada karya tunai penggunaan Dana Desa untuk pembangunan infrastruktu. Kebijakan ini tentunya diharapkan dapat menstimulus perekonomian desa melalui pemberdayaan masyarakat desa sehingga dapat berdampak optimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. (DvL)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu