Dana Desa 2019 untuk Kabupaten Pohuwato Naik Menjadi Rp88,67 M

INDONESIASATU.CO.ID:

Gorontalo – Tahun 2019 nanti Kabupaten Pohuwato akan mendapatkan limpahan Dana Desa Rp88,67 M. Alokasi ini naik 9,6 persen dari tahun sebelumnya dengan jumlah Rp79,07 M. Hal ini terungkap dalam acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Desa Hasil Pemilihan Serentak Tahun 2018 sekaligus dirangkai dengan Penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKDD Tahun 2019 Kabupaten Pohuwato, Selasa (18/12), di Aula Panuwa Kabupaten Pohuwatu. Kepada para Kepala Desa yang dilantik, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Fahma Sari Fatma menyerahkan secara simbolis Daftar Alokasi Dana Desa dan disaksikan langsung oleh Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo menyampaikan apresiasi kepada Kabupaten Pohuwato atas kinerja realisasi Dana Desa Tahun 2018 yang mencapai 100 persen. “Untuk tahun 2019 nanti anggaran Dana Desa diprioritaskan untuk pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Melalui alokasi dana desa diharapkan dapat mendukung pembangunan berbagai sarana prasarana, pelayanan sosial dasar, sarana ekonomi desa, pembangunan embung, pelestarian lingkungan hidup, dan penanggulangan bencana alam,” papar Fahma. Harapannya pemanfaatan Dana Desa dapat meningkatkan kualitas pelayanan sosial dasar, pengelolaan usaha ekonomi produktif, penguatan kapasitas terhadap bencana, pelestarian lingkungan hidup dan penguatan tata kelola desa yang demokratis.

Sementara itu, Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga dalam arahannya berpesan agar para Kepala Desa dapat mempertahankan, bahkan meningkatkan kinerja pengelolaan Dana Desa di wilayahnya masing-masing. Lebih lanjut, Syarif berpesan agar Dana Desa dapat digunakan semaksimal mungkin dengan difokuskan pada pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. “Salah satu kontribusi dari pemanfaatan Dana Desa adalah menurunnya angka kemiskinan 1,87 persen di Kabupaten Pohuwato yang merupakan capaian tertinggi dibandingkan wilayah lain di Gorontalo,” ujar Syarif. "Sebagaimana diketahui, tingkat kemiskinan Kabupaten Pohuwato tahun 2018 dapat dipangkas dari 21,27 persen menjadi 19,40 persen," lanjutnya. (DvL)

  • Whatsapp

Index Berita