Momen Tingkatkan Sinergi Mengawal APBN di Bumi Hulondalo

INDONESIASATU.CO.ID:

Gorontalo, (28/1) – Bulan Januari merupakan bulan Hari Bakti Perbendaharaan. Histori peringatan ini diambil dari momen pengesahan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, pada tanggal 14 Januari 2004 silam. Peristiwa itu menandai pembaharuan pengelolaan perbendaharaan negara sebagai bagian integral manajemen keuangan negara. Tema Hari Bakti Perbendaharaan 2019 adalah “Tingkatkan Sinergi untuk Kemakmuran Negeri”. Hari Bakti Perbendaharaan 2019 disemarakkan dengan berbagai program yang bersifat sukarela dan filantropi, seperti Perbendaharaan Berbagi, Perbendaharaan Peduli Lingkungan, dan Perbendaharaan Menyapa. Program-program itu bergema di seluruh penjuru negeri melalui instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan, termasuk Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo.  

Sebagai  bagian rangkaian program Hari Bakti Perbendaharaan2019,  Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo menggelar Refleksi/Tasyakuran. Kegiatan ini sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur atas capaian dan prestasi institusi Ditjen Perbendaharaan serta harapan ke depan dalam mengemban amanah mengawal APBN, khususnya di Gorontalo. Bertempat di Aula Mohuyula, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Gorontalo, acara tasyakuran turut dihadiri oleh segenap Pimpinan Pemerintah Daerah, Pimpinan Satuan Kerja, Pimpinan Redaksi Media Masa, dan Pensiunan Pegawai. Agenda kegiatan diawali dengan pemutaran video sambutan Menteri Keuangan dan Dirjen Perbendaharaan, serta Kiprah Ditjen Perbendaharaan dari masa ke masa.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo, Fahma Sari Fatma menyampaikan bahwa segala capaian dan prestasi yang diraih Ditjen Perbendaharaan berkat dari sinergi positif dengan seluruh stakeholders. “Kerja sama dan kolaborasi dengan mitra kerja selama ini telah membuahkan capaian positif, khususnya di bidang pengelolaan keuangan negara”, papar Fahma. “Harapan ke depan, sesuai dengan tema Hari Bakti Perbendaharaan 2019 yaitu Tingkatkan Sinergi untuk Kemakmuran Negeri, sinergi dalam mengawal APBN di wilayah Gorontalo terus berkelanjutan dan ditingkatkan lagi”, lanjut Fahma. Sebelumnya, disampaikan testimoni dari perwakilan stakeholders oleh Sekretaris Badan Keuangan Daerah Kabupaten Gorontalo Utara, Naharudin. Dalam testimoninya, Naharudin menyampaikan bahwa sinergi yang telah terjalin dengan Kanwil DJPb Gorontalo sangat bermanfaat dalam peningkatan kualitas pengelolaan APBN/APBD. “Sinergi yang baik tersebut diwujudkan dalam berbagai kegiatan bersama, diantaranya pendampingan penyusunan LKPD, FGD DAK Fisik dan Dana Desa, dan FGD Pelaksanaan Anggaran”, tandas Naharudin.

Dalam refleksi ini juga diserahkan apresiasi untuk tiga media masa lokal mitra, yaitu TVRI, RRI, dan Gorontalo Post, yang telah turut menggelorakan edukasi APBN di Gorontalo. Puncak acara dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Gorontalo. Acara ditutup dengan doa bersama untaian rasa syukur dan harapan di masa mendatang dalam ikhtiar mengawal APBN di Bumi Holondalo. (DvL)

  • Whatsapp

Index Berita