Pantai Bolihutuo Boalemo, Pantai Indah Penuh Sampah

INDONESIASATU.CO.ID:

BOALEMO - Berkendara selama kurang lebih 2 jam perjalanan mobil dengan kecepatan normal dari pusat Kota Gorontalo mengarah ke Kabupaten Boalemo, Anda akan menemukan Objek Wisata Pantai Bolihutuo.

Objek wisata milik pemerintah Kabupaten Boalemo ini dibandrol tiket masuk Rp.5000 per orang dewasa, sementara anak-anak gratis. Cukup murah memang, tapi harga ini terasa mahal sejak Anda memasuki gerbang masuk objek wisata ini.

Di pintu gerbang Anda sudah disuguhi jalan masuk yang banjir, terus melaju belok kanan dan belok kiri di sebelah kiri Anda akan ada pelataran yang sangat bagus untuk acara gathering atau upacara, tapi penuh sampah yang seolah-olah dibiarkan begitu saja.

Bila Anda berputar 360 derajat, Anda akan disuguhi pemandangan hijaunya rumput liar yang tidak terkendali karena tidak ada pembabatan atau pemeliharaan. Tempat ini terkesan sudah terabaikan sejak lama padahal di pintu masuk saja kita sudah menemukan pegawai objek wisata ini dengan menggunakan seragam training khas Boalemo.

Melaju lebih jauh lagi Anda akan kebingungan untuk menemukan dimana mobil akan di parkir, maka dengan sangat terpaksa Anda akan memarkir mobil Anda di sepanjang jalan di bibir pantai yang sangat indah dengan teluk dihiasi oleh bukit-bukit kecil teletubies yang cuma bisa Anda temukan di Gorontalo.

Objek wisata pantai Bolihutuo ini pada dasarnya sudah dirancang menjadi objek wisata pantai yang modern yang lengkap dengan fasilitas sebuah tempat wisata, namun dalam perjalanannya objek wisata ini dikelola secara tidak profesional kalau tidak bisa dibilang amatiran, sehingga semua fasiltas yang ada seolah lenyap atau terkesan jorok, rusak, dan tak jelas karena tidak ada perawatan sama sekali.

Sampah plastik bekas minuman dan sampai lainnya menjadi pemandangan yang mengalahkan keindahan alami Pantai Bolihutuo. Semilir angin dingin dari pantai rusak akibat sampah yang berserakan di sekitar pondok-pondok tempat berteduh santai, ketidaknyamanan ini ditambah kurangnya fasilitas toilet yang tak jelas adanya di mana, untung masih ada toilet warga yang disewakan Rp.3000 per kali masuk.

Objek wisata Pantai Bolihutuo bukan sekedar mandi di laut saja, di sini juga tersedia sampan-sampan yang bisa membawa Anda berkeliling pantai, serta Waterboom kalau Anda ingin mandi air tawar, suatu objek wisata yang lengkap bukan, tapi itulah pantai indan dengan pemandangan perbukitan teletubies yang indah serta fasilitas yang sudah ada telah dikelolah secara tidak profesional menjadi objek wisata yang jauh dari kata nyaman.

Ini adalah kali kedua penulis mengunjungi pantai ini, dan kondisinya semakin tidak nyaman, pintu masuk yang banjir, rumput liar dan sampah di mana-mana, parkir mobil yang tidak jelas, serta toilet pun tak tahu ada di mana, dan kalau pun ada sangat jauh dari kata bersih. (Minggu/9/6/2019).

  • Whatsapp

Index Berita